Jumat, 20 Juni 2014

Dilema Pagi Yang Rumit

Sebut saja gue arra, (tapi jangan mikir kalo gue dedemit atau pelaku tindak kriminal ya). Setelah pengumuman kelulusan dan penerimaan SNMPTN beberapa minggu yang lalu, karena nggak ketrima SNMPTN setiap pagi jadi serasa tak berjiwa. Lebih-lebih kalo nggak ada temen yang ngajak maen atau nggak ada kegiatan kumpul bareng komunitas. Jadwalnya dari pagi ke pagi sama terus, bantu-bantu. Banyak banget yang harus dikerjain, dan selalu ada aja (ibarat main game, kehidupan gue ini kaya survival mode).
Ya maklumlah, gue emang bukan dari kalangan menengah keatas. Rumah yang gue tinggalin sekarang aja juga bukan rumah ortu , tapi rumah nenek (karena rumah ortu sebenernya ada di kota sebelah, berhubung belum sepenuhnya selesai jadi tetep tinggal disini). Gue udah tinggal disini semenjak lahir. Nah sekarang gue tinggal serumah sama ibu, adek, paklik, sama nenek. Ini ada beberapa profil tentang keluarga gue.
Ayah kerja di Malaysia yang pulangnya beberapa tahun sekali (nggak pasti, tau sendiri deh kan kerjaan disana pasang surut). Beliau kerja di proyek bangunan disana, dan seringkali proyek yang dikerjakan ada di daerah pelosok.
Ibu bekerja di salon. Udah sekitar 3 tahun beliau jadi trainer dan hair stylish dibawah naungan salon yang cukup dikenal di kota ini. (beliau sebenernya lulusan stm jurusan listrik, jadi nggak nyambung sih sebenernya sama teknik memperindah rambut gitu).
Adek gue cewek, umurnya 12 tahun. Dia cantik, pinter sih tapi ceroboh, dan saat ini dia baru lulus SD dan lagi mempersiapkan diri untuk jenjang selanjutnya.
Paklik gue, seorang polisi yang galak, sotoy, rada alay, dan ngeselin (kalo ini bukan katanya lagi, emang kelewat dah ni orang). Tapi overall beliau juga baik kok. Beliau tinggal disini karena masih ada masalah sama keluarganya.
Nenek, beliau merupakan orang paling jago masak di kampung (katanya sih gitu). Bahkan di keluarga dan sanak sodara jauh juga masih selalu mengandalkan masakan nenek kalo ada hajatan. Dan menjadi orang yang nomer 1 paling dicari kalo ada acara keluarga. Tapi ada satu kekurangan nenek, dan ini yang paling parah. Beliau kalo masak nasi goreng, minyaknya selalu kebanyakan. Jadi nasi gorengnya selalu bikin tenggorokan terasa berminyak akut kalo abis makan nasi gorengnya. Dan pernah suatu ketika, gue nggak sengaja menemukan nasi goreng 1 setengah hari yang lalu yang masih didalam wajan, dan masih agak banyak. Biasanya nasi goreng kalo udah dibiarin dalam waktu segitu bakalan berubah rasa kan? Tapi aneh bin wallahualam-nya, nasi goreng nenek gue ini rasanya masih sama dan nggak ada yang berubah (mungkin bagian atasnya yang udah agak kering, tapi yang dalem tetep sama).Ini membuktikan kalo nasi goreng nenek gue memiliki bahan pengawet, yaitu minyak goreng dalam takaran yang banyak. Waduh parah kan? (mungkin bisa jadi penemuan ini dapet hadiah nobel, karena mengawetkan sesuatu dengan media baru, mungkin mengawetkan hubungan juga bisa, coba aja deh siapa tau berhasil). 
Tapi mungkin aja penemuan gue ini udah pernah ditemuin sebelumnya, seperti yang udah udah. Saat gue masih kecil, gue sering banget melakukan penelitian dan percobaan buat bisa nemuin hal baru dan berharap bisa jadi ilmuwan. Gue seneng banget sama SAINS, penggemar Albert Einstein, Iscaac Newton, Galileo, dan lain sebagainya.Gue sering mencoba mencari rumus rumus baru, mencari inovasi baru, mencari teori. Tapi ya seperti biasa juga, penemuan gue selalu lebih rumit dan nggak sesimpel yang udah ditemukan ilmuwan terdahulu. Kaya teori percepatan manusia yang gue buat, ternyata udah ada rumusnya dan lebih simpel. Juga teori rotasi bumi, malahan teori gue yang salah. Karena gue masukin awan sebagai elemen yang memengaruhi kecepatan rotasi bumi (teori konyol itu gue temuin waktu masih kelas 6 SD). Dan yang terakhir, teori tentang kecepatan objek sampai ke otak. Mulai dari bayangannya diterima oleh retina hingga diterima impuls otak. Tapi teori gue ini nggak bisa selesai karena kekurangan sumber referensi dan teori pendukung. Dan saat browsing di internet (masih pertama kali kenal internet) gue menemukan bahwa udah ada penjelasan tentang kecepatan objek sampek di otak itu berapa. Dan mulai saat itu, gue memutuskan untuk tidak ingin lagi menjadi seorang saintis. Gue ingin menjadi filsuf, (gara gara suka baca baca tentang sejarah, gue jadi nemuin socrates, aristoteles, abu nawas dsb. Eh, tapi abu nawas itu filsuf bukan sih?). Menurut gue, filsuf bisa memahami arti kehidupan. Karena itulah waktu SMA gue pilih jurusan IPS. Untuk sementara, gitu, ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar